Perawatan Mata Sehat

By adminindofish 6 Min Read

Para ahli merekomendasikan untuk menemui dokter mata atau dokter mata secara teratur untuk memantau setiap perubahan dalam penglihatan Anda dan untuk mengetahui potensi masalah kesehatan sesegera mungkin. Selain itu, ada beberapa hal dasar yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa makan dengan baik, banyak berolahraga, dan memakai kacamata hitam di luar ruangan semuanya dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi penglihatan Anda dan menghindari masalah kesehatan terkait mata.

1. Temui dokter mata Anda secara teratur

Ini adalah profesional terlatih yang berspesialisasi dalam menjaga kesehatan mata Anda. Mereka bisa menjadi dokter mata (dokter mata) atau dokter mata. Untuk menjaga kesehatan mata Anda, periksakan mata Anda secara teratur atau ketika Anda memiliki masalah penglihatan. Pelajari lebih lanjut tentang mata Anda dan tanyakan pertanyaan dokter mata Anda selama ujian. Mempelajari lebih banyak tentang mata Anda dan cara mencegah penyakit mata akan membantu Anda mengendalikan kesehatan Anda

Jika Anda tidak memiliki masalah penglihatan, Anda harus menemui praktisi perawatan mata Anda setiap tiga sampai empat tahun di usia 20-an dan 30-an.
Jika Anda tidak memiliki masalah penglihatan, Anda harus menemui praktisi perawatan mata Anda setiap dua hingga tiga tahun antara usia 40 dan 65 tahun.
Jika Anda tidak memiliki masalah penglihatan, Anda harus mengunjungi dokter mata setiap 1-2 tahun setelah usia 65 tahun.

Anda bisa memanfaatkan layanan inovasi vio optical clinic untuk merawat mata anda secara rutin.

baca juga ; Cara Memakai Lensa Kontak yang benar

2. Keluarkan lensa kontak Anda di penghujung hari

Hindari pemakaian lensa kontak lebih dari 19 jam. Mengenakan lensa kontak terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan penglihatan permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda

Jangan pernah tidur dengan lensa kontak Anda kecuali jika dokter Anda secara khusus menginstruksikan Anda untuk melakukannya. Mata Anda membutuhkan pasokan oksigen secara teratur dan lensa kontak memblokir aliran oksigen ke mata Anda, terutama saat tidur, sehingga dokter menyarankan untuk beristirahat secara normal tanpa mengenakan lensa kontak untuk mata Anda di malam hari.

Jangan berenang sambil mengenakan lensa kontak kecuali jika Anda mengenakan kacamata renang yang ketat. Anda lebih baik menggunakan kacamata resep jika diperlukan. Anda dapat memakai lensa kontak saat mandi selama Anda selalu menutup mata saat sabun atau sampo kemungkinan besar akan masuk ke mata Anda.

Ikuti instruksi dari produsen dan praktisi perawatan mata Anda mengenai penggunaan lensa kontak dan solusinya. Salah satu tindakan pencegahan yang paling penting adalah mencuci tangan sebelum menggunakan lensa kontak.

3. Hapus riasan mata di penghujung hari

Selalu luangkan waktu untuk menghapus riasan mata sebelum tidur. Jangan pernah tidur dengan riasan mata yang masih menempel. Jika Anda pergi tidur dengan maskara atau eyeliner, itu bisa mengenai mata Anda dan menyebabkan iritasi.

Tidur dengan riasan mata juga dapat menyebabkan pori-pori di sekitar mata tersumbat, yang dapat menyebabkan bintil atau (keratosis). Benjolan yang parah mungkin memerlukan antibiotik atau bahkan dihilangkan oleh dokter.
Disarankan untuk menyimpan kapas di dekat tempat tidur saat Anda terlalu lelah untuk melakukan proses penghapusan riasan di malam hari

4. Kenakan kacamata hitam pelindung UV

Selalu kenakan kacamata hitam saat Anda berada di bawah sinar matahari. Cari kacamata hitam dengan stiker yang menyatakan bahwa lensa memblokir 99% atau 100% sinar UVB dan UVA

Paparan sinar UV yang terlalu lama dapat merusak penglihatan Anda, dan perlindungan di masa muda Anda dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan di tahun-tahun berikutnya. Paparan UV telah dikaitkan dengan katarak, degenerasi makula, pinguecula dan pterygium, kondisi yang berbahaya bagi mata.

Karena kerusakan UV pada mata menumpuk seumur hidup, penting untuk melindungi anak-anak dari sinar berbahaya. Pastikan anak Anda memakai topi dan kacamata pelindung saat berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama.

Pastikan untuk memakai kacamata hitam bahkan jika Anda berada di tempat teduh. Meskipun naungan secara signifikan mengurangi paparan sinar UV dan HEV, Anda tetap memaparkan mata Anda pada sinar UV yang dipantulkan dari bangunan dan struktur lainnya.

Jangan pernah menatap langsung ke matahari bahkan jika Anda memakai kacamata hitam anti UV. Sinar matahari sangat kuat dan dapat merusak bagian retina yang sensitif dengan paparan sinar matahari yang cukup.

5. Kenakan kacamata bila perlu

Pastikan untuk memakai kaca mata atau pelindung mata lainnya saat bekerja dengan bahan kimia, perkakas listrik, atau di mana saja di mana terdapat partikel berbahaya di udara. Mengenakan kacamata akan membantu melindungi mata Anda dari benda besar atau kecil yang dapat jatuh ke mata Anda dan menyebabkan cedera.

6. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan mata. Gejala ketegangan mata meliputi iritasi mata, sulit berkonsentrasi, mata kering atau berair, penglihatan kabur atau ganda, kepekaan terhadap cahaya, atau nyeri pada leher, bahu, atau punggung. Pastikan Anda cukup tidur setiap malam

Share This Article
Leave a comment